KONSEP DASAR IPA 1 BUMI PGSD

Posted by : TristanAkira
Senin, 26 September 2011





MAKALAH KONSEP DASAR IPA 1 Tentang BUMI






Disusun oleh     :
Tri Sulistiono                            (06111413001)
Parida                                      (06111413003)
Dosen Pembimbing :
Drs. Laihat, M.Pd.                   
Dra. Rukiyah, S.Pd.,M.Pd
Esti Susilaningsih,S.Pd.,M.Si.
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN AKADEMIK
2011 / 2012


KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa atas berkat,rahmat dan karunia-NYA lah kami dapat menyelesaikan makalah ini.semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
            Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu untuk menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari makalah ini masih terdapat kekurangan,maka dari itu kami senantiasa menharapkan masukan dari pembaca.

Palembang,   September 2011




Penulis









                DAFTAR ISI
            KATA PENGANTAR…………………………………………..
            DAFTAR ISI……………………………………………………….
            BAB 1.PENDAHULUAN……………………………………..
            BAB 2.PEMBAHASAN……………………………………….
·        Apa yang membedakan bumi dengan planet lain
·        Rotasi bumi
·        Revolusi bumi
·        Bagaimana proses terbentuknya bumi
·        Inti bumi
BAB 3. PENUTUP……………………………………………….
·        Kesimpulan
·        Daftar pustaka










BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bumi itu bulat , bumi merupakan planet ketiga dari planet yang ada di dalam tata surya lebih tepatnya galaksi bima sakti, yang  juga merupakan tempat tinggal berbagai makhluk hidup, mulai dari organisme terkecil hingga manusia, tapi tauhkah kalian bumi itu memiliki berbagai lapisan mulai dari lapisan udara hingga lapisan tanah didalamnya dan juga aktivitas – aktivitas yang dilakukan oleh bumi, maka dari pada itu kami akan sedikit menjelaskan apa itu berdasarkan apa yang telah kami temukan. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa.

B.       Rumusan Masalah
1.      Apa Itu Bumi ?
2.      Apa Itu Rotasi Bumi ?
3.      Apa Itu Revolusi Bumi ?
4.      Siapa pengemuka teori pembentukan Bumi?
5.      Bagaimana proses Pembentukan Bumi ?


C.       Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini :
1.      Mendeskripsikan Apa itu Bumi
2.      Mengetahui apa itu rotasi Bumi
3.      Mengetahui Apa itu Revolusi Bumi
4.      Mengetahui teori populer pembentukan Bumi.
5.     
1
Mengetahui Bagaimana proses terciptanya Bumi

BAB II
PEMBAHASAN

1.       Bumi
2

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer. Walaupun setiap kuntur tidak rata namun bumi dapat dikatakan bumi itu bulat, seluruhnya dapat dipotret dari angkasa luar dari jarak 100.000 km. walaupun Nampak besar,tetapi dari angkasa luar,bumi termasuk benda angkasa yang berukuran kecil. Amat kecil jika dibandingkan dengan matahari, apabila dengan manusia yang tidak diketahui batas-batasnya. Bumi tempat bermukim makhluk hidup diliputi oleh udara dan susunan gas yang  utama terdiri dari oksigen (zat asam) dan nitrogen (zat masam). jenis gas yang lain tidak begitu besar volumenya. Udara berguna untuk melindungi bumi .
Dari ruang angkasa, bumi sebagian besar tanpak  berwarna biru.warna ini disebabkan oleh lautan yang menutupi lebih dari dua pertiga permukaan bumi. Wilayah daratan atau benua menutupi kurang dari sepertiganya. Lapisan udara diatas permukaan bumi memang tipis tapi memungkinkan kehidupan.

2. Rotasi Bumi
Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi.satu kali rotasi bumi selama 24 jam. Rotasi bumi juga menyebabkan adanya gerakan semu matahari.

Rotasi bumi menyebabkan hal-hal berikut:
2.1.Gerak semu harian matahari

Sepanjang pagi hingga petang hari, matahari seolah-olah bergerak. Matahari terbit di sebelah timur,lama-kelamaan bergerak dan tenggelam di sebelah barat.
padahal sebenarnya matahari bergerak dari batrat ke timur.

2.2.
3
Terjadinya siang dan malam serta perbedaan waktu

Kala rotasi bumi lebih kurang 24 jam,sehingga tiap jam berbeda bujur sebesar    =  daerah-daerah yang garis bujurnya sama mempunyai waktu yang sama pula. Jika letak bujur standar disebelah barat bujur nol,maka waktunya dikurangi.adapun jika letak bujur standar di sebelah timur bujur nol,maka waktunya ditambaH. Waktu di daerah bujur timur adalah waktu Greenwich ditambah selisi jam,sehingga waktu di belahan timur di rumuskan:





dengan :  GMT = bujur nol
                                           BT  = bujur timur



Waktu didaerah bujur barat adalah waktu Greenwich + selisih jam, sehingga waktu dibelahan barat dirumuskan:

                       

                       Dengan :      BB =bujur barat

2.3.   Pembelokan arah angin.

Pembelokan arah angin berdasarkan hokum Buys Ballton yang berbunyi:
2.3.1.               Udara bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ketempat bertekanan rendah.
2.3.2.     
4
 Di dalam bumi selatan, angin membelok ke kiri, sedangakan di belahan bumi utara angin membelok ke kanan.


2.4.    Pembelokan arah arus laut.

Gerak pembelokan arah angin dan arus laut disebut efek coriolis.arus laut memeang disebabkan oleh angin.di belahan bumi utara,arus laut membelok searah jarum jam, sedangakan dibelahan bumi selatan,arus laut membelok berlawanan arah jarum jam. Akibat rotasi bumi,bentuk bumi tidak bulat sempurna,tetapi agak lonjong(elies).diameter bumi di daerah kutub sebesar 12.714 km,sedangkan didaerah khatulistiwa 12.757 km

3.     Revolusi Bumi
Peredaran bumi mengelilingi matahari revolusi bumi.waktu yang dibutuhkan untuk satu kali revolusi ialah 365 hari atau satuh tahun.revolusi bumi menyebabkan adanya pergantian musim.
Revolusi bumi menyebabkan:
a.       Terjadi gerak semu tahunan matahari
Matahari tidak setiap saat berbeda di khatulistiwa
b.      Terjadi perbedaan lamanya siang dan malam
5
Adanya kemiringan sumbu bumi           menyebabkan perbedaan lama siang dan malam.pada saat matahari  berada di khatulistiwa (21 maret dan 23 september) semua tempat dibumi,kecuali dikutub mempunyai waktu siang dan malam yang sama yaitu 12 jam, Pada saat matahari berada di GBU maka belahan bumi utara mengalami siang lebih lama disbandingkan malam hari,sedangkan belahan bumi selatan mengalami siang lebih pendek dibandingkan malam hari.pada saat matahari berada di GBS maka belahan bumi selatan mengalami siang hari lebih lama dibandingkan malam hari,sedangkan belahan bumi utara mengalami siang lebih pendek dibandingkan malam hari.

c.       Pergantian musim
Adany a kemiringan sumbu bumi   mengakibatkan kecondongan arah sumbu bumi berubah-ubah sehingga mengakibatkan juga terjadinya pergantian musim.

4.     Teori Pembentukan Bumi
6

Teori terpopuler dalam pembentukan bumi adalah teori Big Bang
, yang berarti dentuman besar dan dahsyat. Teori ini ditemukan berdasarkan observasi atau pengamatan seorang ahli astronom yang berasal dari Amerika Serikat yang bernama Edwin Hubble pada tahun 1929. Penemuannya Hubble tercatat sebagai sebuah penemuan besar dalam sejarah astronomi. Penemuan teori ini juga mengalahkan teori alam semesta kuno abad ke 19 yang menyebutkan bahwa alam semesta itu statis dan sudah ada sejak dulu kala. Dalam pengamatannya, Edwin Hubble menemukan bahwa galaksi selalu dalam keadaan bergerak dan menjauhi kita (bumi) dengan kecepatan tinggi. Selain itu, Hubble juga menemukan bahwa  jarak antar galaksi selalu bertambah setiap waktu. Atas dasar inilah Hubble menarik kesimpulan bahwa terbentuknya alam semesta termasuk bumi berasal dari pengembangan yang terjadi pada masa lampau dan mengalami sebuah dentuman yang besar atau dikenal dengan teori big bang pembentukan bumi.
5.     Bagaimana Proses Terbentuknya Bumi
 Bumi terbentuk pada waktu sekita 4,6 milyar tahun yang lalu saat material-material diangkasa menyatu.
A.     Tahap-tahap terbentuknya bumi
1.    Awalnya bumi adalah bola besar cair
2.    Secara bertahap,bumi menjadi dingin sampai akhirnya terbentuk atmosfer dan lautan.
3.    Lambat laun,bumi menjadi dunia kita sekarang ini yang tersusun atas batuan.

B.     Lapisan Bumi
1.      Kerak Bumi (Crosh).
Kerak bumi adalah kulit bumi bagian luar (permukaan bumi).tebal lapisan kerak bumi mencapai 70 km dan merupakan lapisan batuan yang terdiri dari batu-batuan basa dan masam. Suhu dibagian bawah kerak bumi mencapai c lapisan kerak bumi dan bagian dibawahnya  hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer.
2.     
7
Selimut atau Selubung (MANTEL)
Selimut atau selubung adalah lapisan yang terletak dibawah lapisan kerak bumi.tebal selimut bumi mencapai 2.900 km dan merupakan lapisan batuan padat suhu dibagian bawah selimut bumi mencapai C
3.      Inti Bumi (CORE)
Terdiri dari material cair,dengan penyusun utama logam besi (90%),nikel (8%)dan lain yang terdapat pada kedalaman 2900-5200 km
Lapisan inti bumi dibedakan menjadi 2:
a.       Lapisan inti luar tebalnya sekitar 2.000 km dan terdiri atas besi cair yang suhunya mencapai C
b.      Inti dalam merupakan pusat bumi,terbentuk bola dengan diameter sekitar 2.700 km.inti dalam terdiri ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya mencapai C

C.     Berdasarkan susunan kimianya,bumi dapat dibagi menjadi 4 yaitu:
a.       Bagian padat (litosfer)
b.      Bagian cair (hidrosfer)
c.       Bagian udara (atmosfer)
d.      Bagian yang di tempati oleh berbagai jenis organism (biosfer)

Ke 4 komponen tersebut berinteraksi secara aktif satu sama lain,misalnya dalam siklus biokimia dari berbagai unsur kimia yang berada di bumi, proses transfer panas dan perpindahan materi padat.







8
 




BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
            Bumi adalah tempat tinggal makhluk hidup baik manusia,hewan maupun tumbuhan.pada dasarnya bumi berotasi pada porosnya yang mengakibatkan pergantian siang dan malam

















    



           

0 komentar:

Copyright © 2012 Tomodachi-Desu | Guilty Crown Theme | Designed by Johanes DJ