Ada Apa Dengan Dunia Mahasiswa

Posted by : TristanAkira
Senin, 26 September 2011


Nih Tugas Pertama Ketika OSPEK ^^
walaupun gak jadi d'kumpul .....
heheheheheh.....





ADA APA DENGAN DUNIA MAHASISWA
MAKALAH INI DIBUAT UNTUK MELENGKAPI TUGAS P2K


Disusun oleh:
Nama          : Tri Sulistiono
Prodi                    : FKIP Pendidikan Guru Sekolah Dasa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Palembang 2011
Kata Pengantar
Palembang,   Agustus 2011



Penulis.
 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Tuhan semesta allam yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tema Ada Apa Dengan Dunia Mahasiswa sebagai bahan untuk melengkapi tugas Ospek. Penulis mengharapkan dengan adanya makalah ini dapat menjadi bahan bacaaan yang bermanfaat bagi kita semua yang membacanya.
Ucapan terima kasih penulis ucapkan kepada kakak senior yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam pembuatan makalah ini.
Kami menyadari tentunya masih terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kritikan dan saran guna mempernbaiki kekurangan yang insya allah akan membuat kami lebih baik dalam menjalankan tugas selanjutnya.














Ada Apa dengan Dunia Mahasiswa

·         Persepsi anda tentang mahasiswa ?
Persepsi saya tentang mahasiswa, dahulu saya sempat berfikiran negatif tentang mahasiswa karena bagi saya mahasiswa hanyalah sekumpulan orang – orang yang menghabiskan waktunya untuk hal – hal yang tidak penting  dengan mengatas namakan pendidikan dan semacamnya padahal mereka adalah orang – orang yang berintelektual tinggi namun melakukan hal yang hanya menghabis-habiskan waktu mereka dengan melakukan demo dan sebagainya padahal apa yang dilakukan mereka belum tentu apa yang ingin mereka sampaikan itu di dengarkan bahkan hanya akan digubris sebagai angin lalu yang tidak berguna walaupun dibalik semua itu tujuannya adalah untuk mengarahkan negara ini kejalan yang benari. Namun sekarang saya merupakan Calon Mahasiswa dan saya akan menjalani kehidupan sebagai seorang mahasiswa mungkin dengan ini saya akan lebih memahami mahasiswa karena hal – hal yang kita lihat dari luar tidak sama jika kita lihat dari dalam dan saya tidak dapat sembarangan untuk mengeluarkan persepsi tanpa pernah merasakan beratnya menjadi Mahasiswa yang merupakan harapan bangsa di masa depan.


·         Persepsi anda tentang kuliah (proses pembelajaran dalam kuliah) ?
Proses pembelajaran dalam kuliah merupakan proses Memahami dimana kita telah melewati tiga proses sebelumnya yakni Mengenal, Mengetahui dan Mempelajari dimana dalam proses memahami ini kita tidak hanya untuk memahami untuk diri sen diri melainkan untuk mengapresiasikannya dalam kehidupan bermasyarakan, di dalam proses ini kita dituntut untuk aktif dalam mengembangkan diri kedalam proses pemahaman , didalam proses ini mungkin harus didukung dengan fasilitas – fasilitas yang memadai dalam proses belajar mengajar maka akan terciptanya suasana yang kodusif  antara Dosen dan Mahasiswa serta dalam proses belajar diperkuliahan haruslah interaktif karena saya banyak melihat cara pembelajaran dosen hanya menjelaskan ,mungkin sang dosen mengira para mahasiswa sudah mengerti tetapi tidak semua mahasiswa dapat mengerti apa yang disampaikan karena kurangnya komunikasi dalam proses pembelajaran.


·         Persepsi anda tentang organisasi di dunia kampus, pentingkah ?

              Organisasi merupakan sekumpulan individu yang memuliki tujuan visi dan misi yang sama dan memiliki rasa saling melindungi dan menjaga satu sama lain, jadi organisasi dalam kampus merupakan sekumpulan mahasiswa yang memiliki tujuan ,visi dam misi yang satu dan cara untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kepercayaan satu sama lain. Namun dibalik semua itu dalam berorganisasi juga tidak boleh berlebihan dan jangan sampai melalaikan tanggung jawab sebagai serong Mahasiswa . karena tujuan dari organisasi itu adalah untuk belajar bersosialisasi dan mengemukakan pendapat atau pikiran serta mengatur waktu karena dalam berorganisasi kita harus menghargai orang lain jika kita ingin dihargai, positifnya dengan beorganisasi kita dapat menambah teman – teman baru semakin banyak teman semakin luas jaringan sosial kita dan betambah ilmu pengetahuan karena dalam organisai kita dapat saling berbagi pendapat, masalah,  informasi dan ilmu tentunya yang dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti . Manfaat berorganisasi sendiri akan kita rasakan ketika telah keluar dari dunia perkuliahan kedunia pekerjaan dimana kita dapat saling berbagi informasi dengan teman – teman semasa kuliah mengenai lapangan kerja yang mungkin ada didaerahnya.





·         Persepsi anda tentang fungsi, peranan dan pergerakan masyarakat ?

1.            Fungsi Mahasiswa

Mahasiswa tidak terlepas dari fungsi, peranan dan pergerakannya yang menjadi perjalanan atau bagian dalam hidup sebuah bangsa. Perkembangan bangsa saat ini puntidak lepas dari mahasiswa yang menjadi pelopor, penggerak, pengkritis bangsa dengan berbagai cara dan sikap idealisme mereka yang tinggi memperjuangkan aspirasi rakyat kepada pemerintah penguasa dengan cara mereka sendiri. Suara-suara mahasiswa kerap mengungkapkan sebuah kisah realita yang terjadi di masyarakat sehingga mahasiswa itu sendiri menjadi objek permasalahan karena cara penyampaian mereka yang dianggap salah dan berlebihan, mungkin bagi mahasiswa yang kurang bertanggung jawab, salah menyampaikan aspirasi mereka sehingga terjadi kericuhan dan bentrok yang mungkin di provokasi pihak luar yang tidak berkepentingan dengan maksud dan tujuan tertentu. Jadi di dalam masyarakat mahasiswa memiliki fungsi yang besar sebagai  pembela dan penyampai aspirasi dan pemikiran rakyat.

2.            Peranan mahasiswa

Peranan penting mahasiswa yaitu intelektual, moral dan sosial. Mahasiswa sebagai orang yang intelek, jenius, dan jeli harus bisa menjalankan hidupnya secara proporsional, sebagai seorang mahasiswa, anak, serta harapan masyarakat. Mahasiswa sebagai seorang yang hidup di kampus yang dikenal bebas berekspresi, beraksi, berdiskusi, berspekulasi dan berorasi, harus bisa menunjukkan tingkah laku yang bermoral dalam setiap tindak tanduknya tanpa terkontaminasi dan terpengaruh oleh kondisi dan lingkungan. Sebab dia sendiri dengan kemampuannya sudah bisa mengukur antara baik-buruknya tindakan, selain selalu dipantau dan dicontoh oleh masyarakat. Mahasiswa sebagai seorang yang membawa perubahan harus selalu bersinergi, berpikir kritis dan bertindak konkret yang terbingkai dengan kerelaan dan keikhlasan untuk menjadi pelopor, penyampai aspirasi dan pelayan masyarakat. Mahasiswa perlu trampil dan wibawa, dan mahasiswa harus cintakan ilmu dan kasihkan yang berilmu yakni cintakan ilmu bermakna senantiasa dan berkeinginan untuk belajar, belajar dan belajar. Sebagai mahasiswa, cintakan ilmu tidak mencukupi kerena setiap ilmu yang diperolehi, perlu diamalkan, diajarkan dan disebarkan. Maka barulah keberkatan pada ilmu tadi hadir dalam diri kita. Ilmu tidak berkurang apabila dicurahkan kepada orang lain, ia bertambah dan akan terus bertambah.

3.      Pergerakan mahasiswa

Kalau kita melihat aktivitas npergerakan mahasiswa seperti demonstrasi, orasi, pernyataan sikap tuntutan dan lain sebagainya semua itu layaknya aktivitas politik dan tak bias dipungkiri gerakan mahasiswa adalah gerakan politik. Mereka tidak memperdulikan siapa yang berkuasa, mahasiswa akan turun saat menyaksikan rakyat terzalimi oleh bandit-bandit penguasa dan akan kembali kekampus untuk kembali belajar, mereka tidak meminta untuk menjadi penguasa tapi penguasa yang otoriter akan berhadapan dengan mahasiswa, inilah yang membedakan gerakan mahasiswa bukan gerakan politik yang murni polilik tapi gerakan sebagai fungsi nilai dan fungsi moralnya.
Pergerakan mahasiswa yang merubah peranan dan fungsi mahasiswa itu sendiri misalnya mahasiswa beraksi menjatuhkan pemerintahan yang berkuasa dan setelah penguasa pemerintahan tersebut jatuh dan tidak ada lagi yang menggantikan, salah satu dari pergerakan mahasiswa itu sendiri tidak dapat menggantikan untuk menjadi seorang penguasa, Siapa yang akan memimpin negeri setelah sang diktator turun? Di sinilah rumitnya. siapa yang akan bertanggung jawab? mereka masih muda dan masih harus belajar. Lantas apakah Peranan mahasiswa yang sebenarnya? yaitu mepersiapkan diri untuk terus belajar untuk menjadikannya siap sebagai pemimpin dan menjadi pemimpin yang akan menggantikan wajah-wajah lama yang memiliki konsistensi idealisme sepereti saat mereka masih dikampus.
What's Up with the World Student

·         Your perception of students?
My perception of a student, I once had a negative berfikiran about students because of my students just a bunch of people - people who spend their time for things - things that are not important in the name of education and the like when they are people - people who berintelektual high but do only exhaust their time doing demos and so on but what they do is not necessarily what they want to listen to it at even just be ignored as the wind is not behind all that useful even if the goal is to steer this country down the road that benari. But now I am a prospective student and I will live the life as a student maybe with this I will better understand the student because of things - things that we see from the outside is not the same if we look from within and I can not arbitrarily to remove the perception of weight without ever feeling a student who is the nation's hopes in the future.
·         Your perception of the college (the learning process in college)?
The process of learning in college is a process Understanding where we have been through three previous process ie to Know, Knowing and Learning in the process of understanding where we are not only to understand for ourselves but for themselves cents mengapresiasikannya bermasyarakan in life, in this process we are required to be active in develop themselves into the process of understanding, in this process may be supported by facilities - facilities that are adequate to the learning process it will create an atmosphere that kodusif between Lecturers and Students in the learning process should be interactive diperkuliahan because I see many ways of learning lecturers just explained, may the teacher thought the students already understand but not all students can understand what is presented due to lack of communication in the learning process.


·         Your perception of the campus organization in the world, important is it?
              The organization is a set of individuals who memuliki vision and mission objectives are the same and has the mutual protection and care of each other, so in a campus organization is a set of students who have a goal, a vision that one dam mission and how to achieve these goals requires a sense of togetherness, family and trust each other. But behind all of that in the organization also should not be excessive and should not be shirking responsibility as a student oblique. because the purpose of the organization is to learn to socialize and express opinions or thoughts and set the time for the organization we have to respect others if we want to be appreciated, positive with beorganisasi we can add friends - new friends the more friends the more extensive social networks and betambah us science because in our organizations can share their opinions, problems, information and knowledge are of course not knowing to knowing, from not understanding to be understood. Organize their own benefits will we feel when the world has been out of college into the world of work where we can share information with friends - friends in college about any possible employment region.

·       Your perception of the function, role and population movements?

1. Student Functions

Students can not be separated from the function, role and movement that became part of the journey or in the life of a nation. Development of the nation is currently puntidak separated from students who became pioneers, movers, pengkritis nation in many ways and attitudes of their high ideals to fight for people's aspirations to the government authorities in their own way. The voices of students often reveal a story of reality that occur in society so that the students themselves become the object of delivery problems because of the way they are considered false and exaggerated, perhaps for students who are less responsible, either expressed their aspirations resulting in riots and clashes that may be in provocation outsiders who are not concerned with the intent and purpose. So in the student community has a great function as an advocate and messenger of the people's aspirations and thoughts.

2. The role of student

The critical role of student intellectual, moral and social. Student as a person of intellect, genius, and jellies should be able to run her life proportionally, as a student, children, and community expectations. As a student living on campus is known of free expression, action, discuss, speculate and berorasi, should be able to demonstrate behavior that is immoral in every act of his horns without contaminated and be influenced by the conditions and environment. Because he himself with his ability was able to measure the good-bad action, but always watched and emulated by the public. Student as one who brings change must always be in synergy, critical thinking and concrete action is framed with a willingness and sincerity to be a pioneer, convey the aspirations and public servant. Students need to be skilled and prestige, and students must cintakan kasihkan science and of learning that is meaningful cintakan science and always eager to learn, learn and learn. As a student, cintakan science because they are not sufficient any science that is obtained, it should be practiced, taught and disseminated. So then blessed the science was present within us. Science is not reduced when poured out to others, he increasing and will continue to grow.

3. The student movement

If we look npergerakan student activities such as demonstrations, speeches, position statements and other demands were the withdrawal of all political activity and no doubt biased student movement is a political movement. They do not care who's in power, the student will go down while watching the people terzalimi by bandits kekampus ruler and will return to re-learn, they did not ask to become an authoritarian ruler but the ruler who will be dealing with students, which distinguishes the student movement not a political movement pure polilik but the movement as a function of values ​​and moral functions.
The student movement that changed the role and function of the students themselves as students in action and overthrow the ruling after ruling that the government falls and there is nothing to replace, one of the student movement itself can not substitute for being a ruler, Who will lead the country after the dictator's fall? This is where the complexity. who will be responsible? they are young and have yet to learn. So if the actual role of student? namely mepersiapkan yourself to continue learning to make it ready as a leader and a leader who will replace the old faces that have the consistency of idealism sepereti while they are still campus.

0 komentar:

Copyright © 2012 Tomodachi-Desu | Guilty Crown Theme | Designed by Johanes DJ